»
anda sedang membaca ...
p. sahabat nabi

Sahabat Nabi #Ali Ibn Abi Thalib RA: Pemberani yang cerdas

1. #Ali nama aslinya adalah Ali bin Abi Thalib bin Abdul Mutthalib bin Hasyim.

2. Abu Thalib, ayah #Ali, adalah saudara kandung Abdullah bin Abdul Muthalib, ayah Rasulullah. Jadi #Ali adalah saudara sepupu Rasulullah.

3. #Ali diasuh Rasulullah sejak kecil dan beliau sangat dekat dengannya. Beliau juga menantu dan ayah dari cucu Rasulullah.

4. Menurut banyak ahli sejarah, #Ali adalah pemuda pertama masuk Islam dan yang kedua setelah Khadijah ra, Istri Rasulullah.

5. Ketika masuk Islam umur #Ali berkisar antara 10-11 tahun.

#TahukahAnda? #Ali adalah orang pertama yang melaksanakan Shalat berjamaah bersama Rasulullah. (Al Askari di al-Awa’il)

6. #Ali memiliki tubuh yang kekar dan berisi, tidak tinggi, perut besar, warna kulit sawo matang, berjenggot tebal seperti kapas.

7. #Ali juga memiliki mata yang tajam, murah senyum, berwajah tampan, giginya bagus dan kalau berjalan cepat. (Tarikh Al Khulafa’)

7a. Menurut Ibn Hazm, #Ali adalah sahabat urutan ke-3 terbanyak dalam mencetuskan fatwa. (Sallaabee, hal 347)

8. #Ali suka memasuki pasar dan memberitahu para pedagang untuk bertakwa kepada Allah dan berdagang dengan cara yang halal.

9. #Ali menikahi Fatimah ra, Anak Rasulullah. Dikarunai 2 anak #Hasan dan #Hussein yang akan menjadi pemimpin pemuda di Surga.

9a. Menurut Aisyah, “Ali memiliki ilmu terbanyak dalam hal Sunnah” (Sallaabee, hal. 348)

10. Rasulullah dan #Ali sangatlah dekat. Rasul mengumpamakannya seperti kedudukan Nabi Harun dan Nabi Musa. Sangat dekat.

“Apkh kau tak ridha kl kdudukanmu di sisiku spt kedudukan Harun di sisi Musa,hanya sj tdk ada kenabian sesudhku” (HR. Bukhari & Muslim) #Ali

11. #Ali termasuk sahabat yang dijanjikan Surga. (Al Hakim di al-Mustadrak)

12. Rasul pernah berkata kepada #Ali bahwa tdk ada yg mencintainya kcl seorg Mukmin & tdk ada yg membencinya, kcl org munafik.” (HR. Muslim)

13. Rasul juga pernah bersabda kepada #Ali: “Engkau adalah bagian dariku dan aku adalah bagian darimu.” (HR. al-Bukhari).

13a. #Ali dijuluki oleh Rasul dengan nama ‘Abu Turaab’. Beliau tertidur di Masjid hinggal debu menempel di punggun beliau.

“Bangunlah hai Abu Turab! Bangunlah hai Abu Turab!” (Muslim,4426)

14. #Ali dikenal dengan kepandaiannya dan ketepatan dalam memecahkan masalah yang rumit.

15. #Ali juga memiliki “Aqbariyah Qadhaiyah” (kejeniusan dalam pemecahan ketetapan hukum) (Aqidah Ahlussunah fi Ash Sahabah, hal 283)

#TahukahAnda? #Ali adalah sahabat yang mengusulkan tata cara menulis; asah pensil sebelumnya, beri jarak antar garis, dan rapatkan hurufnya.

16. #Ali adalah khalifah keempat antara 656H – 661H. Dimasanya kaum Muslim memiliki beberapa masalah.

17. Ketika itu kota Madinah dikuasai oleh pemberontak yang membunuh #Usman. Ada beberapa masalah yang beliau hadapi (continue..)

18. #1 jumlah pemberontak menguasai Madinah sangatlah banyak. #2. Banyak yang menuntut keadilan terhadap pembunuhan #Usman #3. Kaum Khawarij

19. Khawarij (pembakang) adalah kaum yang dulu mendukung #Ali dan kemudian menolaknya.

20. Di masa #Ali pula, ketegangan antar sesama Muslim terjadi. Di satu pihak, menginginkan pembunuh #Usman diadili, dan dilain pihak, tidak.

21. Namun dengan kearifan dan kejeniusan beliau dalam menyikapi berbagai situasi dan mengambil keputusan, masalah bisa terselesaikan. #Ali

22. #Ali lah yang tidur di tempat tidur Rasulullah ketika Rasulullah hijrah ke Madinah sementara orang kafir mengepung Rumah Rasulullah.

23. #TahukahAnda? #Ali berhijrah dengan berjalan kaki sendirian, tanpa alas kaki, sampai kakinya bengkak dan penuh luka setibanya di Madinah

25. #Ali berpartisipasi di semua peperangan kecuali perang Tabuk, karena beliau ditugasi untuk menjaga Madinah. (Sallaabee, hal. 141)24. #Ali meriwayatkan 586 hadist dari Rasulullah.

26. #TahukahAnda? #Ali adalah orang yang menarik tangan Rasulullah ketika beliau terjatuh ke sebuah lubang di perang Uhud. (Sallaabee, 162)

27. Rasulullah bersabda tentang #Ali: “Dia mencintai Allah dan RasulNya, dan Allah dan RasulNya mencintai dia.”

28. Pada 10 AH, #Ali pergi berdakwa ke Yemen, atas perintah Rasulullah, dan menjadi seorang hakim disana.

29. Ketika Rasulullah meninggal, #Ali adalah salah satu orang yang memandikan beliau dan yang turun ke liang lahat untuk menguburkan Rasul.

30. #Ali juga pernah menikah dengan Khawlah, tawanan perang, setelah Fatimah meninggal dan mempunyai anak bernama Muhammad ibn Al Hanafiyah.

31. #Ali juga pernah menikah dengan Asma binti Umays,yang sebelumnya menikah dengan #JafarIbnAbiThalib dan #AbuBakr.Punya anak bernama Yahya

32. #TahukahAnda? Krn #Ali sngt mencintai #AbuBakr, slh satu anak #Ali pun dinamai Abu Bakr. Bhkn Hasan & Husein jg pny ank brnama Abu Bakr.

33. Tweet sebelumnya diriwayatkan oleh al Yaqoobi dan al Mas’oodi

33. #TahukahAnda? #Ali lah yang pertama kali berpendapat bahwa kalender hijriah dimulai ketika Rasulullah berhijrah. (Sallaabee, hal. 251)

34. #Ali adalah penasehat yang dikenal kepintaran dan kebijaksanaannya di masa Khalifah #Umar dan #Usman.

#TahukahAnda? #Ali adlh org yg plg berhati-hati ketika mendgr hadits dri selain Rasulullah. #Ali jg bnyk bertanya dan mdah memahami sesuatu.

#TahukahAnda? #Ali adalah orang yang paling tidak peduli akan kehidupan dunia yang fana ini, beliau sangat sederhana. (dari AlHasanIbnSalih)

35. #Ali memberi hartanya kepada penduduk, bahkan ia pernah berkata, “Wahai manusia, ambil hartamu, aku bukan penyimpan hartamu!” (Sallabee)

36.#Ali mewakafkan tanahnya di Yanbu,Wadi al Qura,al-Udhaynah,dan Raah yg bernilai 4200 dinar krn Allah & #Ali tdk menyimpan sepeser uangpun

37. Al Hasan mengatakan bahwa #Ali tidak mewariskan apapun kecuali 700 dirham itupun beliau niatkan untuk membeli budak. (Sallaabee, 374)

Ralat: Masa pemerintahan #Ali adalah antara 656-661 Masehi, bukan Hijriyah, atau 36-40 Hijriyah. Maaf atas kesalahannya.

#Ali meninggal pada waktu subuh tanggal 17 Ramadhan 40H. Beliau terbunuh oleh Abdullah ibn Muljam, anggota Khawarij, saat berwudhu.

Muljam membunuh #Ali karena menganggap bahwa #Ali bersama #Muawiyah dan #AmrIbnAsh telah memerangi orang-orang Khawarij. (continue)

Ibn Muljam, dan dua Khawarij lainnya, al Barak dan Amr bin Bin Bakr, bermakar untuk membunuh #Ali, #Muawiyah, dan #AmrbinAsh, (continue)

Namun al Barak dan Amr bin Bakr gagal untuk membunuh #Muawiyah dan #AmrIbnAsh, hanya IbnMuljam yang berhasil membunuh #Ali.

sumber : http://chirpstory.com/li/21739

@Sahabat_Rasul ; timeline date September 9-10th, 2012

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: